
Komunikasi efektif adalah faktor penting dalam keterlibatan tim. Memastikan kepemimpinan Anda di track yang tepat, dapat meningkatkan moralitas, memperbaiki keterlibatan tim dan membantu mendorong perubahan organisasi
Komunikasi efektif adalah tulang punggung suksesnya tim. Meluangkan waktu ekstra untuk terus mengembangkan kepemimpinan dan komunikasi Anda sangatlah penting untuk meningkatkan hubungan Anda dengan tim Anda yang seharusnya menjadi prioritas nomor satu Anda sebagai seorang pemimpin.
Pemimpin yang hebat tidak hanya melakukan yang benar tetapi juga berkata yang benar tentang apa yang ingin tercermin dimata karyawan mereka tentang mereka.
Bagaimana?
Sediakan Waktu untuk Bertemu
Habiskan waktu untuk sesekali bertatap muka dengan karyawan dan tim Anda seperti mengunjungi kantor, call center, toko, dan lokasi lainnya. Ini menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda peduli. Semakin Anda terlihat, semakin Anda baik menjadi pemimpin.
Transparan
Pemimpin yang transparan, antara perkataan dan perbuatan itu selaras, menetapkan ekspektasi dengan jelas dan berkomunikasi secara efektif dengan karyawan mereka. Ketika Anda memimpin dengan transparan, Anda menetapkan standard hidup yang baik pada hidup karyawan Anda. Pentingnya kepemimpinan transparan adalah menumbuhkan cara berkomunikasi terbuka dan perilaku yang bertanggung jawab.
Menjadi Otentik
Keotentikan adalah kunci menjadi pemimpin yang menarik. Seorang pemimpin dituntut untuk memberikan informasi yang diperlukan. Informasi ini bisa diberikan dengan cara menggunakan sentuhan personal, jangan terjebak menggunakan cara-cara seperti robot yang kaku. Biarkan karakter Anda dan nilai personal Anda terlihat lewat informasi atau pesan yang Anda sampaikan.
Menjadi Pendengar yang Baik
Studi baru dari Journal of Positive Pschycology, menemukan bahwa, mendengarkan dengan hati itu dapat meningkatkan kepercayaan, keterlibatan serta komunikasi dua arah yang akan membuat tim lebih kreatif dan produktif.
Pancarkan Energi Positif
Peneliti menemukan bahwa pemimpin dengan energi yang positif dalam hal berelasi secara konsisten menghasilkan tenaga kerja yang terlibat, turn over karyawan yang lebih rendah serta perasaan sejahtera karyawan yang meningkat. Mereka juga menemukan ada energi positif seperti itu pada pemimpin diperusahaan berkinerja tinggi dibanding pada perusahaan berkinerja rendah. Inovasi, kerja tim, kinerja keuangan, kohesi tim, semuanya meningkat jika dipimpin oleh pemimpin yang memberikan energi positif ini.
Sahabat D’Impact, hal-hal diataslah yang akan menunjang kepemimpinan Anda. Pelajari satu persatu dengan cara memaknainya bagi kebutuhan Anda sebagai seorang pemimpin. Kemudian barulah Anda bisa mulai mengimplementasikannya.